Pemerintah KSB Berencana Menggelar Pameran Pembangunan 2023

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida), akan menggelar pameran pembangunan tahun 2023. Kegiatan yang menjadi bagian dalam memeriahkan Hari Lahir (Harla) ke-20 dijadwalkan pada 13-15 November mendatang.

“Pameran pembangunan yang akan dilaksanakan nanti bukan hanya melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), tetapi juga pemerintah kecamatan dan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), karena momentum itu ingin dijadikan ajang menyampaikan kepada masyarakat atas prestasi pemerintah, program dan juga promosi,” kata Agus S.Pd, MM selaku kepala Brida.

Disampaikan juga bahwa pameran inovasi pembangunan disamping menunjukkan inovasi baru dan peningkatan dari tahun ke tahun berupa informasi tambahan yang diperlukan oleh masyarakat tentang berbagai keadaan di semua sektor pembangunan, juga menjadi momentum edukasi secara umum kepada masyarakat, termasuk para pelajar itu sendiri.

“Salah satu pesan khusus bagi stan kecamatan, harus menunjukan keberhasilan dan progress yang dilaksanakan bersama dengan Agen Gotong Royong (AGR), sehingga masyarakat mengetahui bahwa keberadaan perwakilan pada pemerintahan itu telah memberikan kontribusi baik,” lanjutnya.

Pameran inovasi pembangunan sebagai wahana untuk menyediakan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat secara langsung tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaannya serta hasil-hasil pembangunan. Sedangkan tujuan pelaksanaan Pameran inovasi pembangunan, agar masyarakat mengetahui, menyadari dan memahami pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan di KSB, disamping memberikan peluang dan kesempatan terhadap pengusaha atau produsen dan lembaga ekonomi lainnya untuk mempromosikan produk-produk unggulan yang dihasilkan.

Disampaikan Agus bahwa pameran pembangunan telah dijadikan sebagai media visualisasi atas keberhasilan pembangunan yang telah dicapai selama ini. “Dari evaluasi pasca pelaksanaan pameran beberapa waktu lalu, jika apa yang menjadi tujuan pemerintah telah dicapai. Hal itu yang menjadi dasar bagi BRIDA untuk menjadikan sebagai agenda rutin, sehingga ditahun ini akan dibuatkan lebih baik,” lanjutnya.

Sebagai informasi, pelaksanaan pameran pembangunan akan memanfaatkan areal dalam Kemutar Telu Center (KTC) atau tepat diruang terbuka depan Masjid Agus Darusallam. Kegiatan itu sendiri akan dibungkus lebih baik supaya masyarakat merasa tersampaikan informasi tentang pembangunan daerah. **