Perkuat Pemahaman ZIS, BAZNAS KSB Gelar Lomba Kultum Antar Pelajar

Taliwang, – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan pelajar setingkat Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas (SMA) tentang Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS). Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumbawa Barat (BAZNAS KSB) menggelar lomba ceramah singkat atau kultum.

Kegiatan yang menjadi rangkaian dalam menyukseskan Gerakan Cinta Zakat Nasional menjadi sangat penting, karena BAZNAS KSB berharap bisa menjadikan generasi muda lebih paham tentang ZIS itu sendiri. “Setidaknya para peserta bisa menjadi agen dalam menyampaikan tentang pentingnya ZIS dalam lingkungan sekolah masing-masing,” kata H M Jafar Yusuf, S.Sos selaku ketua BAZNAS KSB.

Dikesempatan itu Ustad Jafar sapaan akrabnya sempat menyinggung tentang manfaat dan fungsi ZIS, dimana bukan sekedar untuk menyantuni fakir miskin, tetapi juga dalam rangka membantu pemerintah mengentaskan kemiskinan. “Semakin banyak daerah-daerah yang meningkatkan kesejahteraan dengan membiasakan ZIS, maka dapat mendorong setiap lembaga untuk lebih efektif dan optimalisasi dalam pengelolaan dana zakat, infak, dan shodaqoh,” terangnya.

Lebih detail Ustad Jafar mengurai, jika tujuan diperintahkan untuk melaksanakan infaq dan sedekah adalah untuk membangun dan mengembangkan kepentingan umat islan dalam bidang sosial, ekonomi dan keagamaan. Infak juga diharapkan dapat membantu memperkuat solidaritas dan persatuan antar umat Islam.

Masih keterangan Ustad Jafar, berbagai kegiatan terus dilaksanakan BAZNAS KSB, agar bisa mempercepat realisasi dari keberadaan BAZNAS itu sendiri, seperti menjadi lembaga pengelola zakat yang terpercaya dan berperan dalam membangun keadilan sosial dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. “BAZNAS bukan hanya memiliki tugas dan fungsi untuk menghimpun dan memanfaatkan dana zakat, tetapi juga memberikan pemahaman tentang ZIS itu sendiri pada semua lapisan masyarakat, termasuk para pelajar,” tuturnya.

Dikesempatan itu Ustad Jafar juga menegaskan, jika BAZNAS KSB sudah melaksanakan tugas untuk menghimpun dan menyalurkan Zakat Infaq dan Sedekah dari muzaki kepada mustahik yang membutuhkan melalui berbagai program pendistribusian dan pendayagunaan yang tepat sasaran.

Terakhir dipastikan, bagi yang ditetapkan sebagai pemenang dalam lomba yang dilaksanakan akan mendapat piagam penghargaan dan uang sebagai bentuk terima kasih atas partisipasi. **