H Malik : Pemerintah KSB Telah Membentuk Desk Pemilu dan Desk Pilkada

Taliwang, – Pelaksanaan Pemilu Umum (Pemilu) untuk anggota legislatif di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) pada Februari 2024 lalu berjalan sukses. Harapan yang sama juga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang direncanakan pada 27 November mendatang.

“Untuk membantu pelaksanaan pemilu dan Pilkada mendatang, pemerintah KSB telah membentuk tim Desk Pemilu dan tim Desk Pilkada,” ucap H Abdul Malik Nurdin, S.Sos, M.Si selaku pelaksana harian Sekda KSB.

Masih keterangan H Malik sapaan akrabnya, tim Desk Pilkada yang telah terbentuk menjadi sangat penting dalam upaya mendukung tahapan Pilkada yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara, tetapi juga sebagai bentuk komitmen pemerintah KSB ikut menyukseskannya. “Pemerintah KSB memiliki komitmen kuat untuk ikut membantu menyukseskan Pilkada nanti,” lanjutnya.

Hal penting lain yang disampaikan H Malik yang kini menjabat sebagai asisten administrasi Setda KSB itu, jika pembentukan Tim Desk ini tertuang dalam Keputusan Bupati KSB bernomor 100.3.3.2.117 tahun 2024 tentang pembentukan tim desk pemilihan kepala daerah dan pemilihan umum di KSB. “Pembentukan desk ini termasuk dalam instruksi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),” akunya.

Dikesempatan itu H Malik juga membeberkan berbagai tugas yang nantinya akan dilaksanakan selama  Pilkada tahun 2024, diantaranya, melakukan Sosialisasi dan pembinaan terhadap Aparatur Pemerintah di Seluruh Kecamatan dan Desa, agar mengetahui peran serta tanggug jawab dalam mensukseskan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah.

Selain itu juga akan melakukan monitoring dan pemantauan tahapan pelaksanaan, menginventarisasi serta mengantisipasi pemasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada, termasuk ikut mengkoordinasikan permasalahan dan memberi masukan penyelesaian terhadap permasalahan. “Tugas penting lain adalah melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan tim desk mengenai Pilkada 2024 kepada Kemendagri, termasuk beberapa kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan Pilkada 2024,” urainya.

Diakhir keterangannya, H Malik berharap dengan pembentukan Tim Desk ini bisa membuat jalannya pemilu berjalan aman dan tentram. “Kita berharap pemilu berjalan aman dan tentram, walaupun kita ketahui bahwa Sumbawa Barat termasuk daerah yang aman dan damai untuk pelaksanaan Pilkada,” pungkasnya. **