BAZNAS KSB Berencana Melaksanakan Pelatihan Bagi Pelaku UMKM

Taliwang, – Sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang baru mulai merintis akan mendapatkan pelatihan khusus. Kegiatan sebagai upaya meningkatkan motivasi dalam berusaha itu akan dilaksanakan oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

“Rencana pekan depan kami akan melaksanakan pelatihan khusus bagi para pelaku usaha pemula. Peserta yang direncanakan akan diundang sebanyak 50 orang. Semoga kegiatan ini menjadi motivasi dan penyemangat dalam berusaha,” kata H M Jafar Yusuf S.Sos selaku ketua BAZNAS KSB, melalui keterangan resmi yang diterima media ini, kemarin.

Masih keterangan Ustad Jafar sapaan akrabnya, calon peserta pelatihan telah teridentifikasi secara menyeluruh dan diyakini sangat butuh diberikan bimbingan (pelatihan). “Peserta adalah pelaku usaha kerajinan anyaman, pembuatan kue, pedagang kecil, pedagang ikan, pedagang sayur dan mayur,” lanjutnya sambil memastikan bahwa peserta adalah pelaku usaha baru.

Diingatkan Ustad Jafar, semangat BAZNAS KSB melaksanakan kegiatan pelatihan dalam rangka memberikan motivasi dan mengajak komitmen pelaku usaha untuk berusaha secara halal, mengedepankan etos kerja, memberikan pengetahuan tentang praktis berwirausaha, mengetahui peluang dan tantangan dalam merintis usaha. “Kami ingin mendorong masyarakat sebagai pelaku usaha yang profesional,” tandasnya.

Mengingat kegiatan dimaksud sangat penting, dirinya meminta kepada yang telah mendapatkan undangan sebagai peserta untuk memastikan hadir tepat waktu dan mengikuti seluruh rangkaian. “Rencana kegiatan pada 25 Juni mendatang. Bagi yang tidak bisa hadir dengan berbagai alasan, diminta untuk segera memberikan laporan, agar bisa diganti oleh pelaku usaha lain,” ungkapnya sambil menambahkan bahwa peserta yang hadir akan disediakan uang pengganti transportasi dan makan siang. 

Selain pelatihan yang akan diterima, para peserta yang ikut juga dijanjikan mendapatkan bantuan modal usaha sekitar Rp. 2 juta. Meskipun bantuan itu tidak terlalu besar, namun diharapkan dapat sebagai penunjang usaha yag sedang dirintis. “Memang dukungan dana yang akan dibantu tidak terlalu besar, tetapi bisa sebagai penguat anggaran dalam berusaha dan dalam meningkatkan semangat serta etos kerja,” tutupnya. **