Bupati KSB Dapat Penghargaan SWK dari Presiden dan Ibangga BKKBN

Taliwang, – Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah mendapatkan penghargaan berupa Satyalancana Wira Karya (SWK) dari Presiden Indonesia, Ir H Joko Widodo. Selain itu, mendapatkan penghargaan Indeks Pembangunan Keluarga (Ibangga) dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Ir Abdul Muis, MM selaku kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) KSB menuturkan, penghargaan SWK cukup bergengsi dan termasuk yang tertinggi dari presiden, karena untuk bisa meraih penghargaan dimaksud, setiap calon penerima harus melalui penilaian ketat dari sekretariat militer kepresidenan. “Bupati KSB mendapatkan penghargaan SWK atas prestasinya dalam mendukung program Posyandu gotong royong dan keberadaan agen gotong royong,” ucapnya.

Masih keterangan Muis sapaan akrabnya, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan sekretariat kemiliteran Presiden, jika Bupati KSB dianggap berjasa sebagai kepala daerah yang berhasil melaksanakan pembangunan khususnya melalui bidang Bangga Kencana melalui program Posyandu gotong royong, inovasi desa berbasis kearifan lokal kebas stunting dan gizi sehat dengan melibatkan seluruh lintas sektor dan mitra kerja sebagai upaya penguatan intervensi spesifik dan sensitif sehingga menurunkan prevelensi stunting di KSB sebesar 10,5 persen di tahun 2023.

“SWK adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Presiden RI atas prestasi dan darma bakti kepada bangsa dan negara untuk Bupati KSB,” tegasnya.

Sementara penghargaan Ibangga dari BKKBN, telah diberikan atas prestasi Bupati dalam mewujudkan KSB sebagai kabupaten berkembang dalam bidang pembangunan keluarga berkualitas. “SWK diberikan atas prestasi dan darma bakti kepada bangsa dan negara sehingga dapat dijadikan tauladan, sementara Ibangga dari BKKBN termasuk pengakuan atas komitmen dalam pembangunan keluarga berkualitas,” ungkapnya.

Diingatkan Muis, untuk mendapatkan penghargaan iBangga cukup sulit, karena harus diukur lewat 3 dimensi, yakni ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan. “KSB meraih angka tertinggi di antara seluruh kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan angka 64, sekaligus menjadi wakil Provinsi NTB ditingkat nasional,” lanjutnya.

Sebagai informasi, penghargaan Ibangga merupakan ukuran program pembangunan keluarga yang ditunjukkan melalui dimensi ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan keluarga yang dibentuk dari 17 variabel serta menggambarkan peran dan fungsi keluarga. “Dua penghargaan ini menjadi bukti nyata prestasi Bupati KSB dalam dedikasinya selama dua periode membangun Bumi Pariri Lema Bariri ini,” akunya. **