Disnakertrans Fasilitasi Seleksi Calon Anggota Security PT. G4S

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), telah memfasilitasi PT. G4S yang membuka seleksi calon anggota Security untuk penempatan kerja wilayah PT. Amman Nusa Tenggara (AMMAN).

“PT. G4S membuka lowongan kerja untuk posisi security penempatan PT. AMMAN melalui pemerintah KSB, sehingga memberikan fasilitas sebagai bentuk dukungan dalam proses seleksi dimaksud. Hal itu untuk memastikan perekrutan sesuai jalur yang tertuang dalam regulasi daerah,” kata Parwin S.Ip selaku kabid penempatan tenaga kerja pada Disnakertrans KSB, kemarin.

Masih keterangan Parwin, peserta yang ikut seleksi telah dinyatakan memenuhi syarat awal atau mengajukan dokumen melalui aplikasi yang tersedia. “Calon peserta seleksi telah dilakukan klarifikasi dokumen oleh tim Disnakertrans. Yang dinyatakan memenuhi syarat bisa langsung ikut seleksi wawancara oleh tim perusahaan itu sendiri,” lanjutnya.

Selain mengikuti tes wawancara, para peserta juga dilakukan pemeriksaan badan, berupa pengukuran tinggi badan beserta pengecekan badan untuk memastikan tidak ada tindik dan tato. “Sesuai syarat yang diumumkan, jika peserta tidak boleh memiliki tato dan tindik, sehingga dalam proses seleksi langsung dilakukan pemeriksaan,” ungkapnya.

Terkait dengan calon peserta yang mengajukan lamaran, Parwin mengaku ada sebanyak 246 berkas yang diterima, tetapi yang hadir dan mengikuti tahapan dimaksud hanya 216 orang atau ada 30 orang yang tidak hadir. “Seleksi yang dilaksanakan pada 1-5 Juli kemarin, ada 216 orang yang ikut seleksi untuk 80 jabatan security yang dibutuhkan,” urainya.

Diakui Parwin, meskipun keputusan hasil wawancara berada pada pihak perusahaan, namun sudah ada kesepakatan awal bahwa pencari kerja asal Bumi Pariri Lema Bariri harus diutamakan. “Sudah ada kesepahaman bersama dengan pihak perusahaan, jika pelamar lokal KSB harus menjadi perioritas. Hal itu sendiri telah tertuang dalam surat pengumuman tentang adanya lowongan kerja pada perusahaan dimaksud,” tegasnya. **