Kreativitas Anak, Dikbud KSB Berencana Menggelar Gebyar PAUD

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), terlibat aktif dalam pengembangan kreativitas anak usia dini, sehingga berencana menggelar ‘Gebyar PAUD’ atau khusus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Kami sekarang sedang merancang sebuah kegiatan yang dikhususkan bagi anak usia dini yang beraktifitas pendidikan melalui Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-Kanak (TK) yang berada di Bumi Pariri Lema Bariri,” kata Muhlis S.Pd selaku kabid PAUD dan Pendidikan Non Formal (PNF) pada Dikbud KSB, kemarin.

Disampaikan Muhlis, kegiatan rutin tahunan itu sendiri menjadi sangat penting, karena sebuah upaya mencapai pertumbuhan dan perkembangan terhadap anak usia dini itu sendiri. “Semangat besar dari kegiatan yang sedang dirancang untuk dilaksanakan dalam waktu dekat itu adalah, anak usia dini perlu dilejitkan potensi kecerdasannya dengan bermain yang menyenangkan,” tuturnya.

Masih keterangan Muhlis, kegiatan yang terbungkus dalam ‘Gebyar PAUD’ termasuk sebuah upaya pembinaan kelembagaan dan manajemen PAUD sebagai bentuk untuk menunjukkan kreativitas anak usia dini, menunjukkan kemampuan terbaik dan berinteraksi dan juga upaya untuk meningkatkan kreativitas sehingga membentuk karakter anak sebagai bekal untuk pendidikan lanjutan.

Tujuan lain dari kegiatan yang akan melibatkan ratusan peserta adalah upaya peningkatan mutu layanan PAUD, termasuk dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan anak didik, mengembangkan kualitas, kreativitas, dan keterampilan pada anak didik dan pendidik PAUD. “Anak usia dini harus terus dipecut motoriknya, sehingga pemerintah ambil bagian dengan melaksanakan kegiatan Gebyar PAUD,” ungkapnya.

Dalam rangka menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan, Muhlis mengaku akan membangun koordinasi serta komunikasi dengan sejumlah pihak yang merupakan mitra PAUD, terutama para satuan pendidikan (sekolah). “Supaya semarak dari rangkaian kegiatan Gebyar PAUD, pihak panitia dalam hal ini Dikbud KSB, akan menyiapkan hadiah,” akunya.

Meskipun Muhlis belum bisa memberikan kepastian waktu pelaksanaannya, lantaran masih harus dikomunikasikan dengan para pihak, namun dirinya bisa memastikan lomba yang akan dilaksanakan dalam acara Gebyar PAUD adalah, Lomba Tarian Kreasi Daerah, Lomba Senam Kreasi, Lomba Projek Kelompok dan Lomba Ngumbang. “Untuk tehnis dari seluruh rangkaian kegiatan akan disampaikan pada masing-masin sekolah,” tutupnya. **