Meriahkan HUT RI dan Harla KSB, Percasi Gelar Turnamen Catur

Taliwang, – Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) dan Hari Lahir Kabupaten Sumbawa Barat (Harla KSB), Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) melaksanakan turnamen catur. Kegiatan yang dipusatkan dalam aula SMAN I Taliwang pada, Ahad 11/8 kemarin.

Amirudin M.Si selaku ketua panitia pelaksana pada kesempatan itu menuturkan, jika turnamen yang dilaksanakan pada tahun ini cukup berbeda, karena bukan hanya mempertandingkan kelas senior, tetapi juga diberikan ruang bagi para pecatur junior. “Dipertandingkan juga kelas junior jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA),” ucapnya.

Menarik dari perhelatan ini, pihak panitia juga menyiapkan hadiah khusus kelas veteran dengan syarat sudah berusia 50 tahun. “Memang sengaja semua kelas dipertandingkan dalam laga tahun ini, karena sesuai dengan semangat dalam menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan serta Harla KSB,” lanjut Amir Pangdam sapaan akrabnya.

Dikesempatan itu Amir berharap pertandingan serupa bisa terus dilaksanakan, supaya terbuka kesempatan bagi para pecatur junior untuk mengasah kemampuan serta terbiasa ikut pertandingan. “Kami menyampaikan apresiasi kepada Percasi KSB yang telah menggelar pertadingan ini, termasuk para pihak yang telah memberikan dukungan serta suporting,” tutupnya.

Ir Sujarwo selaku ketua Percasi KSB mengatakan, pertandingan harus sering dilaksanakan untuk mempercepat kemampuan bercatur bagi para junior, termasuk dalam mengembangkan kemampuan para pecatur senior. “Sebenarnya kami ingin lebih sering melaksanakan pertandingan, namun keterbatasan dukungan dari para pihak yang menjadi kendala,” ungkapnya.

Diingatkan Sujarwo, percasi memang sengaja melaksanakan turnamen khusus warga Bumi Pariri Lema Bariri, karena ingin mengetahui memberikan kesempatan kepada pecatur KSB untuk bersilaturahmi sambil menjajaki kemampuan.

Sebagai informasi, peserta yang ikut untuk kelas junior sebanyak 41 orang. Sementara kelas senior ada 26 orang. Khusus veteran ada 10 orang pecatur. **