Pawai Carnaval Sukses, Dikbud KSB Apresiasi Pada Seluruh Peserta

Taliwang, – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta yang mengikuti Pawai Carnaval. Kegiatan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) dan juga menyambut Hari Lahir (Harla) KSB, selain sangat meriah juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang beragam budaya.

“Kepada seluruh peserta yang telah ambil bagian, termasuk para pihak yang membantu sampai seluruh rangkaian acara kami sampaikan ucapan terima kasih. Tidak lepas juga apresiasi disampaikan kepada masyarakat secara umum,” kata Khusnarti MM. Inov selaku kepala Dikbud KSB saat didampingi Abdul Munir yang merupakan kabid Kebudayaan.

Masih keterangan Narti sapaan akrabnya, kegiatan pawai carnaval memang sudah menjadi agenda rutin pemerintah KSB, karena bukan sekedar menjadi hiburan kepada masyarakat, tetapi juga memberikan edukasi dan pengenalan tentang ragam budaya. “Seluruh rangkaian acara bukan hanya sukses digelar, tetapi juga semangat memberikan edukasi kepada masyarakat tercapai,” lanjutnya.

Narti juga mengatakan, semangat besar dari seluruh rangkaian acara adalah bentuk atau cara pemerintah KSB bersama masyarakat Bumi Pariri Lema Bariri untuk memaknai hari kemerdekaan, termasuk memeriahkan Harla KSB. “Mari kita terus memacu diri dan menjadikan semangat kemerdekaan ini untuk mengabdi kepada daerah dalam setiap ruang pengabdian masing-masing, serta ambil bagian untuk menjaga stabilitas daerah,” ungkapnya.

Pelaksanaan pawai Carnaval Budaya tersebut, mengundang antusiasme warga dan berbondong bondong memenuhi sepanjang jalan utama kota Taliwang. Tampak para peserta dengan berbagai macam kostum turut menyemarakkan rangkaian barusan Carnaval.

Seperti biasa barisan Carnaval diramaikan dengan berbagai tampilan etnis yang ada di Bumi Pariri Lema Bariri. Berbagai macam iringan musik etnis dimainkan oleh para peserta, mengiringi tarian khas daerah masing – masing.

Sebagai informasi, pelaksanaan pawai Carnaval Budaya yang dilaksanakan pada hari itu adalah hati ke tiga dimana 2 hari sebelumnya diikuti oleh kategori TK/PAUD dengan tema Cita – citaku, Hari ke 2 kategori SD dengan tema Profil Pelajar Pancasila, dan hari ke diikuti oleh SMP, SMA, dan Umum. **