Evaluasi Tim Desk Pilkada KSB, Pendaftaran Bapaslon Berjalan Damai

Taliwang, – Tim Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang tergabung dalam Dukungan Elemen Satuan Kerja untuk Pemilihan Pilkada Kepala Daerah (Desk Pilkada) menegaskan, jika proses pendaftaran Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) berjalan sukses dan damai, meskipun masing-masing Bapaslon melibatkan ribuan pendukung masing-masing.

“Hasil pemantauan dan evaluasi menyeluruh yang dilakukan tim Desk Pilkada, jika tahapan pendaftaran Bapaslon cukup lancar dan tidak ada konflik yang terjadi. Hal ini membuktikan tingkat kesadaran masyarakat untuk menjaga daerah ini,” kata H Abdul Malik Nurdin, S.Sos, M.Si selaku pelaksana harian Sekda KSB didampingi Kabag pemerintahan, Agusman S.Pt.

Lanjut H Malik sapaan akrabnya, kesadaran masyarakat menjaga kondusifitas daerah ditengah gejolak politik saat pendaftaran, harus terus dipertahankan sampai pada penetapan Bupati dan wakil Bupati terpilih. “Perbedaan pilihan politik hal yang biasa, jadi jangan dijadikan potensi konflik ditengah masyarakat,” tutur H Malik yang kini menjabat sebagai asisten aparatur pemerintahan.

Meskipun merasa yakin tentang tingkat kesadaran masyarakat sudah tinggi dan selalu ikut menjadi bagian penting dalam menjaga stabilitas daerah, H Malik memastikan bahwa pemerintah KSB melalui tim Desk Pilkada atau kelompok lain pemerintah, akan terus melaksanakan sosialisasi, termasuk ajakan untuk bersama menyukseskan Pilkada serentak 2024. “Mari kita terus menjaga dan mempertahankan status sebagai daerah zero horizontal konflik,” pintanya.

Upaya pemerintah KSB dalam menjaga stabilitas daerah harus mendapat dukungan dari semua pihak, termasuk para pelaku politik itu sendiri, agar tidak melakukan provokasi apapun yang akan memicu kegaduhan itu sendiri. “Mari kita semua ambil bagian dalam menjaga daerah ini,” tuturnya.

Sementara Agusman pada kesempatan itu mengatakan, tim Desk Pilkada bentukan pemerintah akan terus mendukung tahapan Pilkada yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) selaku penyelenggara. “Sosialisasi tentang tahapan Pilkada pada seluruh kecamatan telah dilaksanakan. Hal itu akan terus dilaksanakan sampai menjelang hari pencoblosan nanti, karena itu bagian dari komitmen pemerintah KSB,” tandasnya.

Daeng Agus sapaan akrabnya juga membeberkan berbagai tugas yang nantinya akan dilaksanakan selama  Pilkada tahun 2024, diantaranya, melakukan Sosialisasi dan pembinaan terhadap Aparatur Pemerintah di Seluruh Kecamatan dan Desa, agar mengetahui peran serta tanggung jawab dalam mensukseskan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah.

Selain itu juga akan melakukan monitoring dan pemantauan tahapan pelaksanaan, menginventarisasi serta mengantisipasi pemasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pilkada, termasuk ikut mengkoordinasikan permasalahan dan memberi masukan penyelesaian terhadap permasalahan. “Tugas penting lain adalah melaporkan hasil pelaksanaan kegiatan tim desk mengenai Pilkada 2024 kepada Kemendagri, termasuk beberapa kegiatan lain sesuai dengan kebutuhan dalam pelaksanaan Pilkada 2024,” urainya. **