Luar Biasa, Bank NTB Syariah Taliwang Konsisten Distribusi Air Bersih

Taliwang, – Bank NTB Syariah Taliwang merupakan salah satu Bank yang konsisten membantu masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang terdampak kekeringan dengan tetap melakukan pendistribusian air bersih, apalagi warga terdampak itu sendiri sudah mencapai 13.263 jiwa, jika mengacu pada data terakhir yang disampaikan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KSB.

Pendistribusian yang dilakukan pihak Bank NTB Syariah sangat membantu pemerintah, mengingat wilayah terdampak terus bertambah dan meluas. “Kami butuh dukungan dari berbagai pihak dalam rangka pendistribusian air bersih. Khusus untuk Bank NTB Syariah kami sampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih,” kata Abdul Hamid S.Pd selaku Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KSB.

Untuk diketahui, wilayah terdampak dan sudah dilakukan pendistribusian air berada di kecamatan Poto Tano, khusus Desa Poto Tano sendiri untuk Dusun Pinamin, Dusun Tano A dan Dusun Tano B. Sedangkan di Desa Kiantar, pendistribusian di Dusun Sagena, Dusun Ai Tiris dan Dusun Kuang Busir.

Wilayah lain di kecamatan Poto Tano yang juga terdampak kekeringan di Desa Tambak Sari, khususnya Dusun Atas, Dusun Tengah dan Dusun Bawah. Kemudian di Desa Senayan, baik di Dusun Senayan Bawah, Dusun Senayan Atas dan Dusun Jembatan Kemar, serta sebagian di Desa Kokarlian dan Desa Mantar.

Untuk wilayah Kecamatan Seteluk yang terdampak di Desa Kelanir wilayah Dusun Sedong Atas, Dusun Sedong Bawah, Dusun Lawang Desa dan Dusun Rigalu. Sementara di Desa Lamusung terjadi kekeringan di Dusun Lamusung, Dusun Bugis dan Dusun Lengkok, termasuk di Desa Air Suning wilayah Dusun Air Suning, Dusun Batu Bulan dan Dusun Batu Bintang, serta wilayah Desa Meraran pada Dusun Meraran, Dusun Batu Cermai dan Dusun Aina.

Kekeringan sekarang juga melanda sebagian wilayah Kecamatan Jereweh, yaitu di Desa Goa serta sebagian Desa Belo dan Desa Beru. Sementara di Kecamatan Maluk ada di Desa Benete dan Desa Mantun. Wilayah Kecamatan Sekongkang ada di Desa Sekongkang Atas serta Desa Seloto yang berada di Kecamatan Taliwang.

Sementara Yan Kaswi Saleh, SE selaku Branc Manager Bank NTB Syariah cabang Taliwang KSB menjelaskan, setiap hari pihaknya bisa melakukan pendistribusian air mencapai 4 tangki mobil dan menyisir beberapa lokasi dalam wilayah Bumi Pariri Lema Bariri. “Pendistribusian air bersih menjadi salah satu program bantuan yang dilaksanakan Bank NTB Syariah Taliwang,” akunya.

Masih keterangan Yan sapaan akrabnya, belum ada keputusan untuk berhenti melakukan pendistribusian air itu, karena sampai sekarang wilayah terdampak terus bertambah dan meluas. “Semoga bisa tetap melakukan pendistribusian dalam rangka pemenuhan air bersih masyarakat,” ungkapnya. **