Sukses Seleksi Porwanas, Bupati KSB Di-Daulat Tokoh Peduli Pers

Taliwang, – Seleksi calon atlet Persatuan Wartawan Indonesia Nusa Tenggara Barat (PWI-NTB) yang akan mengikuti Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Agustus 2024 mendatang sukses dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Pada momentum itu juga diberikan penghargaan sebagai tokoh peduli pers kepada Dr Ir H W Musyafirin, MM selaku Bupati KSB.

Penghargaan sebagai tokoh peduli pers diserahkan langsung oleh ketua PWI NTB, Nasruddin Zein didampingi H Ismail Husni selaku pimpinan Lombok Post, H Agus Talino yang merupakan pimpinan Suara NTB (Bali post group) dan disaksikan seluruh perwakilan dari PWI kabupatenk/kota di NTB.

Nasrudin Zein dalam sambutannya mengatakan, diberikan penghargaan dari PWI NTB kepada Bupati KSB sebagai tokoh yang peduli terhadap keberadaan pers di KSB pada khususnya dan NTB pada umumnya. ”Kita juga berdoa agar Bupati KSB bisa berhidmat bagi NTB,” ucapnya.

Sementara H Firin sapaan akrab Bupati KSB mengaku sangat bangga diberikan penghargaan sebagai tokoh pers, karena sebelumnya pernah mendapatkan penghargaan dari PWI Pusat pada puncak perayaan hari Pers. “Ini penghargaan yang sangat luar biasa,” tuturnya.

Pada momentum itu H Firin mengatakan, pers bukan sekedar menjadi ‘mata dan telinga’, tetapi lebih dari itu pers bisa menjadi penggerak seluruh anggota tubuhnya dalam membangun negara dan bangsa, sehingga meminta agar para wartawan selalu menjaga kesehatan, karena gerakan wartawan sehari-hari juga harus ditopang dengan kondisi kesehatan tubuh yang maksimal. “Jika kondisi fisik dan rohani sehat, maka hasil karya jurnalistik yang dihasilkan berkualitas,” ungkapnya.

H Firin juga mengatakan, siapapun yang tidak memanfaatkan eksistensi wartawan, maka akan tergerus dan tertinggal, karena wartawan banyak ide-ide segar yang dikeluarkan untuk membantu membangun daerah, bangsa dan negara. “Saya tidak ragukan wartawan yang sudah sertifikat, mereka akan melihat sudut pandang kejadian penuh dengan hati, sebelum dikeluarkan menjadi produk berita,” tegasnya.

Abdul Faruk selaku ketua panitia Porwanas memastikan, seluruh proses seleksi berjalan lancar dan sudah bisa ditetapkan siapa saja wartawan yang akan menjadi atlet NTB untuk mengikuti Porwanas mendatang. “Cabang Olahraga (cabor) yang dipertandingkan saat seleksi Porwanas adalah, tenis lapangan, atletik, billiard, bulutangkis, bridge, catur, tenis meja, E-sport dan futsal. Termasuk ada juga domino serta karya jurnalistik,” bebernya. **