Di Dampingi Tim DESK Pilkada, Pjs Bupati KSB Lakukan Roadshow

Taliwang, – Julmansyah, S. Hut, M.AP selaku Pejabat sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) didampingi tim pemerintah yang tergabung dalam Dukungan Elemen Satuan Kerja Untuk Pemilihan Kepala Daerah (DESK Pilkada), melaksanakan kunjungan (Roadshow) pada beberapa tempat, termasuk di Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Kunjungan yang dilaksanakan adalah bentuk tanggung dalam tugas yang diamanatkan, karena sebagai Pjs bukan hanya memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD, tetapi juga ikut menjaga ketertiban serta ketentraman masyarakat,” ucapnya.

Masih keterangan Julmansyah, tanggung jawab lain yang harus dilaksanakan adalah memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati wakil bupati, walikota dan wakil walikota serta menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN). “Pemerintah ikut bertanggung jawab untuk memastikan pelaksanaan Pilkada lancar dan sukses,” lanjutnya.

Saat berkunjung di Bawaslu, Julmansyah langsung berkoordinasi untuk mengetahui bagaimana langkah langkah penanganan potensi kerawanan, prosedur pelaksanaan kampanye, pemasangan Alat Peraga Kampanye, penyelenggaraan TPS khusus, langkah mitigasi sumber potensi konflik, dan berbagai tugas – tugas pengawasan yang perlu disinergikan dengan Pemda KSB untuk kesuksesan penyelenggaran Pilkada nantinya. 

Kunjungan untuk melakukan koordinasi serta mengetahui tahapan pelaksanaan Pilkada, rombongan mendatangi KPU KSB. Kunjungan diterima langsung oleh Herman Jayadi S.Ap selaku ketua KPU dengan didampingi 2 orang komisioner, masing-masing Doni Masade, Supriadi, termasuk sejumlah jajaran lingkup KPU KSB. “Saya berharap agar hak pilih para disabilitas tidak terabaikan,” pintanya.

Dalam kesempatan kunjungan itu, Pjs Bupati KSB juga mengatakan bahwa semua pihak harus ambil bagian dalam memastikan pelaksanaan Pilkada lancar dan Sukses, jadi diharapkan agar yang Desk Pilkada dapat berfungsi dengan baik dalam rangka untuk memastikan proses Pilkada ini berjalan sesuai aturan.

Dalam kesempatan tersebut, Herman Jayadi menyampaikan bahwa, pada prinsipnya KPU siap berkolaborasi dalam menjaga kondusifitas daerah dan memastikan semua proses berjalan dengan baik, baik dari tahapan kampanye hingga tuntas seluruh rangkaian pelaksanaan Pilkada nantinya. **